Recent Posts

Selasa, 16 September 2014

6 komentar

Apa itu POMADE?

Mungkin masih banyak yang masih bingung apa itu pomade dan pada ngehina kalo dandanan rambut yang dikasih pomade itu terlihat jelek ataupun sebagainya! terutama bagi kaum wanita! jadi kalian jangan SOK TAU!

disini bakal saya jelasin Pomade kali ini itu apa.
berawal Dari mendiang Elvis Presley sampe James Dean, tren rambut sleeky hair dan the pompadour masih jadi tren rambut cowok hingga saat ini. Bahkan musisi sekelas Justin Timberlake atau pesepak bola Marco Reus seolah turut menjadi 'penyebar virus' tren rambut ini. Sebelum memakainya pada rambut, ada baiknya mengenal lebih jauh jenis-jenis pomade itu sendiri.

Meski terlihat sederhana, ada teknik khusus untuk mengaplikasikan model rambut bergaya sleeky. Satu yang paling utama adalah tepat memilih pomade yang digunakan. Pomade merupakan salah satu jenis produk tata rambut yang telah dikenal sejak tahun 1900-an. Dibuat dari bahan-bahan seperti minyak kelapa, lanolin, wax, dan wewangian. 
teksturnya yang khas, pomade akan menimbulkan tatanan rambut yang mudah diatur, rapi, mengilap, dan tahan lama. Namun, seiring perkembangan zaman, pomade gak selalu murni dibuat dari campuran minyak. 


ASAL USUL RAMBUT BERPOMADE
Dianggap trendi, elit dan gentle sejak jaman Elvis Presley, ternyata gaya ini berawal dari gaya rambut kaum bawah!
Gaya rambut cowok itu nggak menentu musimnya, dulu cowok gondrong dianggap keren. Kesannya rebel, anak gunung, dan kaumnya Kurt Cobain banget. Selanjutnya gaya rambut spike dan rambut poni lempar ala anak emo juga sempat mewabah. Kalau dulu semakin berantakan dan keliatan rebel maka semakin keren, sekarang yang ngetrend adalah gaya rambut rapih klimis ala Elvis Presley. Bagian pinggirnya dipangkas tipis, lalu bagian atasnya disisir ke belakang dan dibuat mengkilat dengan minyak rambut jenis pomade. Se-rebel apa pun baju dan sepatu yang dipakai cowok sekarang, rambutnya sebisa mungkin rapih kayak gentlemen.
Sebenernya dari manakah asal usul gaya rambut ini? Kenapa tiba-tiba banyak banget cowok yang sebelumnya cuek bin dekil jadi pengen juga punya rambut rapih dangentle gini?! Sejak kapan potongan top collection di abang-abang pangkas rambut nggak laku karena pelanggannya lebih banyak yang request potongan "pinggir tipis, atas biarin aja panjang." gini? Gimana bisa seorang cowok sekarang dandannya sama lama kayak cewek? Biar nggak kena ejek sama Om Jerinx Superman is Dead karena cuma bisa gaya tanpa tau asal usulnya, jadi kita bahas yuk sejarahnya.
NGEHIP SEJAK JAMAN ROCKABILLY
Gaya rambut klimis gentle ini sebenarnya punya istilah tersendiri, yaitu gaya rambutpompadour. Emang sih banyak banget variasi gaya ini, tapi bentuk dasarnya adalah rambut disisir ke belakang pake minyak rambut jenis pomade biar mengilap dengan rambut bagian sampingnya dipangkas tipis. Pinggirnya cepak kayak ABRI, atasnya rapih klimis kayak menteri.
asal usul rambut klimis pomade - elvis
Banyak yang menganggap kalau gaya rambut ini muncul dari scene musik rockabilly di tahun 1950-an, Elvis Presley-lah yang paling memopulerkannya. Inget yah, Elvis Presley, bukan Elvis Sukaesih. Seperti yang disampaikan oleh abang Jerinx SID di tulisannya, selain para greaser (sebutan untuk anak muda Amerika yang doyan Rock and Roll ala Elvis Presley dan kroni-kroninya), gaya rambut pompadour ini banyak dipakai oleh para maniak mobil hot rodd.
Di masa '50-an itu, sebenarnya flower generation dan kaum hippies sedang giat-giatnya menyebarkan tren hidup woles, bebas, dan anti kemapanan. Gaya rambutpompadour jelas ditolak oleh para hippies karena terkesan elit. Karena itulah, peran para greaser dan hot-rodders cukup signifikan dalam mempertahankan gaya rambutpompadour itu. Pabrik-pabrik pomade di Amerika pun nggak jadi bangkrut gara-gara mereka.
Oya, sebenernya Indonesia juga termasuk early-adaptor loh soal gaya rambutpompadour ini. Coba aja inget-inget rambutnya para bapak Bangsa kita. Konon, Ir Soekarno dan Mohamad Hatta juga kerap pake pomade untuk bikin rambut sisir ke belakangnya makin syip.  
asal usul rambut klimis pomade - hatta
asal usul rambut klimis pomade - soekarno
Hingga di tahun '80-an, budaya rockabilly sedikit-sedikit diadaptasi oleh para punk rocker. Hasilnya, anak punk nggak cuma bergaya rambut mohawk atau spike, tetapi juga klimis macho. Masih menurut abang Jerinx SID, menjamurnya gaya rambutpompadour sekarang ini dipicu oleh banyak munculnya barber shop (bukan toko yang menjual barbel) yang membawa kultur rockabilly, kustom-kulture dan punkrock. Dari Kalifornia, akhirnya fenomena barber shop tersebut menjamur juga ke Eropa, Jepang dan terakhir Asia.
TERNYATA LAHIR DARI THAILAND
Anggapan kalau gaya rambut pompadour ini dipopulerkan oleh scene rockabilly nggak salah, tapi kalau ditarik lebih jauh lagi, ternyata gaya rambut ini udah ada sejak abad 15 loh. Jangankan lahir, kakek buyut kita juga masih dalam proses pembuatan kali di jaman itu. Nah, adalah penduduk di Siam (Thailand)-lah yang pertama menggunakan gaya rambut ini.
asal usul rambut klimis pomade
Menurut sejarawan bernama Anthony Reid seperti dikutip oleh Majalah Historia, ada beberapa versi sejarah penggunaan gaya rambut yang disebutnya gaya rambut sapu ini. Pertama, karena seorang raja Siam yang marah karena nasinya sering kejatuhan rambut pelayannya. Kedua, gaya rambut ini dipakai oleh perempuan untuk menipu orang Birma (sekarang Myanmar) agar nganggep kaum wanita di garis belakang pertempuran adalah juga serdadu pria. Ketiga, mata-mata Chiengmai harus memotong pendek rambutnya biar keliatan culun dan nggak menarik perhatian. Ya intinya, di masa itu rambut pendek cepak disisir sapu itu diasosiakan sebagai gaya rambut budak deh. 
Nah, mungkin karena banyak yang akhirnya memakai gaya rambut tersebut, akhirnya di masa penguasa berikutnya, gaya rambut pompadour dianggap sebagai gaya rambut nasional yang digemari di Kamboja dan Siam



seiring perkembangan zaman, pomade gak selalu murni dibuat dari campuran minyak. Oleh karena itu, ada beberapa jenis pomade yang baik diketahui para cowok agar saat dipakai sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambutnya. Check this out, Bro!
Petroleum based pomades
Dari namanya aja udah dapat ditebak jika pomade jenis ini dibuat dengan bahan utamanya adalah minyak. Karena berbahan dasar minyak, maka kelebihan pomade ini lebih tahan lama dan tahan terhadap keringat, bahkan hujan sekalipun. Untuk membuat styling bergaya pomp atau quiff, pomade jenis ini cocok untuk digunakan. Kekurangannya adalah harus dibersihkan beberapa kali saat keramas karena rambut terasa lengket dan berminyak. Pomade ini sesuai buat Loe yang emang banyak beraktivitas di luar ruangan dan menghadapi berbagai kondisi cuaca.
Schmiere Knuppelhart adalah salah satu jenis yang diakui ketahanan styling-nya.


Beberapa merek pomade yang merupakan petroleum based dengan ketahanan strong hold antara lain Schmiere Pomade Knuppelhart, Shiner Gold, dan Lucky 13 Tru Hold Heavy Weight Wax.

Water based pomades

Dari segi ketahanan emang water based pomades sedikit di bawah petroleum based. Meskipun secara tekstur gak jauh beda, namun dari segi fungsi pomade jenis ini lebih mirip dengan wax. Water based pomades membuat rambut terasa lebih lembut dan jatuh secara natural dibanding dengan pomade yang berbahan petroleum. Dengan bahan dasar air dan campuran kimia, pomade ini cocok digunakan untuk potongan rambut sleeky yang lebih panjang atau sedikit bergelombang. Selain itu, gak susah untuk membersihkannya, cukup dengan sekali keramas aja.
Meskipun tergolong water based, Uppercut Pomade cukup kuat untuk digunakan.


Beberapa merek pomade yang merupakan water based dengan ketahanan lebih ringan antara lain Suavecito, Uppercut Deluxe Pomade, dan Hairbond Moulder Professional Hair Shaper.

Mixed based pomades

Pomade ini dibuat dari campuran minyak dan air, sehingga dari segi ketahanan hampir mendekati petroleum based pomades.Cuma aja, efek shiny yang ditimbulkan gak terlalu mencolok seperti dua pomade lainnya. Pomade ini cocok buat Loe yang menginginkan tampilan gaya rambut yang lebih stylish, tahan lama, namun gak susah untuk membersihkannya.
The Iron Society termasuk pomade klasik yang menjadi incaran banyak orang.

Beberapa merek pomade yang merupakan mixed based dengan ketahanan medium strong antara lain Layrite Deluxe Pomade 4 Ounce, The Iron Society Old Fashioned Grooming Aid, dan Cock Grease Extra Stiff X Hair Pomade.

Gaya rambut yang emang udah menjadi tren di era industrial seolah melambangkan sosok cowok yang klasik dan berwibawa, atau tampilan bergaya post-punk yang terbilang rebel tapi rapi. Tren rambut ini pula yang sepertinya membuat barbershop menjamur di mana-mana. Emang, untuk menciptakan model rambut bergaya sleeky atau membuat the pompadour rasanya gak cocok ditangani seorang penata rambut biasa. 
Dan jika kalian bertanya saya sendiri memiliki rambut seperti apa dan memakai pomade apa? saya akan menjawab kalo saya juga memiliki rambut Pompadour dan kalo pomade sih terserah. tergantung isi dompet haha, saya juga gak sering-sering amat pakai pomade wkwk



Beberapa Pomade  yang banyak dikenal karena kualitas nya
Murrays Pomade :



Suavecito Pomade : 

Uppercut Pomade :

Lucky Thirteen :

Hanz De Fuko :




Pomade Lokal juga gak kalah bagus gan!
Gatsby Pomade :

Gatsby Styling Pomade : 

SMITH pomade : 

Tancho Pomade :

Dan Masih banyak Lagi!


6 komentar:

Unknown mengatakan...

Artikel yang bagus, Baca juga artikel dari saya tentangapa itu pomade? gan !!

Dirk mengatakan...

Mungkin masih banyak yang masih bingung apa itu pomade dan pada ... ouppercutpomade.blogspot.com

Raam Lee mengatakan...

Bagusan mana antara gastby pomade & Gastby water Gloss? Aroma parfum dari Gasyby pomade sangat mantap,seandainya di gastby water gloss kayak Gastby pomade mantap pokok nya.

Unknown mengatakan...

Artikelnya bagus sipp.. :D

blackbear mengatakan...

pomade memang produk hair style yang tidak akan hilang dimakan jaman gan...

Minyak Rambut Pomade

Joni Subroto mengatakan...

Thanks artikelnya, bro! Sangat bermanfaat dan informatif sekali buat saya. Thanks a lot!

Best viewed on firefox 5+

Blogger templates

Blogger news

Rock On

Blogroll

Copyright © Design by Dadang Herdiana