Recent Posts

Minggu, 23 November 2014

0 komentar

Tugas TIK 4

1. Bagaimanakah Sejarah Perkembangan Internet ?
Internet berasal dari impian J.C.R. Licklider (1915-1990) seorang psikolog di Massachusetts Institute of Technology. Impiannya itu tentang sebuah Galactic Networks di awal tahun 1960-an yang kemudian dapat terwujud setelah ia bekerja di Advanced Research Project Agency (ARPA) di Pentagon. Kemudian, Internet dikembangkan dalam suatu penelitian militer Amerika Serikat yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARPANet).
Internet yang dikenal pada saat ini merupakan pengembangan dari sebuah jaringan yang disebut ARPANet (Advanced Research Projects
Agency). ARPANet dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sejak 1969. Pada awal 1980-an, ARPANet terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANet dan MILNet (jaringan militer rahasia), akan tetapi keduanya masih mempunyai hubungan sehingga komunikasi antarjaringan tetap dapat dilakukan.
Pada mulanya, jaringan ini disebut DARPA Internet, tetapi kemudian disebut sebagai Internet saja. Di awal penggunaannya, akses Internet hanya terbatas untuk kalangan militer, Departemen Pertahanan, dan Perguruan Tinggi. Namun, setelah dibukanya layanan USENet dan BITNet, Internet dapat diakses melalui sarana komputer pribadi. Selanjutnya, protokol TCP/IP diperkenalkan pada 1982, dan disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada 1984.
Pada 1990, Internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada masa ini, World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Swiss). Barulah pada 1992 muncul World Wide Web pertama dengan nama Viola yang diluncurkan oleh Pei Wei. Berikutnya, InterNIC didirikan pada 1993 untuk menjalankan layanan pendaftaran domain.
       Penggunaan Internet secara komersial dimulai pada 1994 yang dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali diaplikasikan oleh First Virtual. Pada masa ini, masyarakat di Indonesia mulai menikmati penggunaan Internet secara komersial. Setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai memberikan layanan akses ke Internet bagi masyarakat umum.

2. Apakah Yang Dimaksud ISP ?
ISP merupakan perusahaan atau lembaga penyedia jasa layanan Internet, seperti Wasantara, Indosatnet, Telkomnet, dan sebagainya.

3. Sebutkan Urutan Data Komputer Dari Yang Terkecil Sampai Yang Terbesar !
  - Bit (b)
  - Byte (B)
  - Kilo Byte (KB)
  - Mega Byte (MB)
  - Giga Byte (GB)
  - Tera Byte (TB)

4. Sebutkan 5 Keuntungan Menggunakan Intranet !
- Produktivitas kerja
- Pemanfaatan waktu
- Komunikasi
- Operasi dan manajemen
- Kerangka perubahan budaya kerja

5. Jelaskan Kecepatan Akses Internet Dengan WiFi !
Teknologi jaringan tanpa kabel yang dikenal dengan Wirelless Fidelity (WiFi) menggunakan frekuensi tinggi berada pada spektrum 2,4 GHz. WiFi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. WiFi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses Internet, WiFi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Teknologi WiFi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses Internet atau mentransfer data dari ruang rapat, kamar hotel, kampus, dan cafe-cafe yang bertanda “WiFi Hot Spot”

6. Apakah Perbedaan Antara Internet Dan Intranet ?
Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan                  antarjaringan komputer (network). 
Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP/IP atau HTTP.

7.  Sebutkan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet !
- Kecepatan  komputer pelanggan
- Kepadatan lalu lintas Internet sepanjang rute yang dilalui
- Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone Internet
- Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan
- Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan mengakses

8. Apakah Yang Dimaksud Dengan Browser? Berikan Contohnya !
Browser adalah software untuk menjelajah Internet. Contohnya : Google Chrome, Safari, Mozilla firefox dll.

9. Apakah Kepanjangan Dari 3G? Dan Sebutkan 3 Kecepatan Akses 3G !
3G (dibaca: triji) adalah singkatan dari third-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless).3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang memberikan kecepatan akses sebagai berikut:
Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile).
Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian).
Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat.

10. Apakah Perbedaan Antara Web, WWW, Web Site dan Web Site ?
Web, berarti jaringan yang dapat menampilkan data-data dan informasi lain melalui Internet. Web merupakan bagian dari protokol bahasa http yang paling populer.
WWW merupakan kumpulan penyedia web untuk dipakai secara massal di seluruh dunia. Di dalam WWW, semua dokumen, menu, indeks, dan lainlain ditampilkan kepada para pengguna Internet sebagai objek dalam format HTML yang dapat dilihat dengan menggunakan Web Browser.
Web site merupakan sebuah alamat di WWW yang menyediakan informasi tertentu
Web page merupakan bagian dari web site yang merupakan lembaranlembaran halaman sebuah web site.

0 komentar:

Best viewed on firefox 5+

Blogger templates

Blogger news

Rock On

Blogroll

Copyright © Design by Dadang Herdiana